Laut Setan (Devil Sea)

Sebenarnya,ada suatu perairan di Jepang yang sangat berbahaya bagi aktivitas pelayaran dan penerbangan,sama bahaya dengan Segitiga bermuda/Bermuda Triangle yaitu Japan Devil’s Sea/Laut Setan.
Perairan ini adalah merupakan daerah lautan tenang di Laut Pasifik, 100 KM sebelah selatan Tokyo, yang terletak diantara pulau Ivojima dan Pulau Miyake,tetapi kurang begitu terkenal dibanding Segitiga Bermuda, barangkali karena letaknya yang jauh dari daratan Jepang.
Sementara itu Segitiga Bermuda sangat akrab bagi kalangan pelaut Amerika, yang pada gilirannya menelan banyak kapal dan pesawat.

Laut setan (devil sea)

Laut setan (devil sea)

Kendati demikian,Laut Setan dekat daratan Jepang itu juga bertanggung jawab atas hilangnya beberapa kapal dan pesawat. Antara tahun 1950 dan 1954, didaerah ini telah hilang tidak kurang dari 9 kapal besar tanpa meninggalkan bekas. Pemerintah Jepang sangat menaruh perhatian terhadap daerah ini,dan mengumumkan bahwa ia merupakah daerah berbahaya dan tidak boleh didekati. Pada tahun 1955 pemerintah Jepang mengirim ekspedisi dengan membawa sejumlah pakar menuju daerah tersebut dengan menggunakan kapal Kawamaru. Malangnya Kawamaru lenyap tanpa pesan.

Seorang sarjana Amerika,Ivan Sanderson,yang sangat tertarik dengan semua keanehan tersebut,berusaha melihat letak Segitiga Bermuda dan Japan Devil’s Sea dalam peta. Ternyata dia melihat bahwa kedua daerah tersebut terletak persis digaris bujur antara 30 dan 40 derajat sebelah utara khatulistiwa,luasnya hampir sama (lihat peta diatas).
Melalui kesimpulan ini Sanderson melanjutkan pengamatannya pada hal-hal lainnya, dan dia menemukan bahwa terdapat 12 daerah di dunia ini yang sejenis dengan itu. Dua diantaranya di kutub utara dan kutub selatan, sedang sepuluh lainnya terbagi dalam dua jajar, jajaran pertama terletak pada garis bujur 40 derajat sebelah utara, dan jajaran kedua terletak pada garis bujur 40 derajat sebelah selatan khatulistiwa.
Masing-masing tempat terpisah sekitar 72 derajat pada garis lintang. Tempat-tempat tersebut disamping didua kutub utara dan selatan, antara lain adalah dua daerah yang terletak didaratan. Satu di uatara Gurun Pasir Besar Afrika, dan satu lagi di daerah pegunungan barat laut India.

Sanderson mengamati bahwa sebagian besar daerah tersebut memiliki kemiripan satu sama lain, antara lain, dalam letaknya yang berada dikawasan yang mana bertemu arus panas dan dingin, dan bahwasanya tempat2 tersebut dipandang sebagai titik-simpul, karena ia mengarahkan arus air atas dan bawah pada arah yang berlawanan, dan dengan suhu yang berbeda tersebut, dapat menimbulkan gelombang magnetic yang menjadi biang keladi bagi semua kecelakaan itu.Akan tetapi teori Sanderson ini tidak dibangun atas suatu dalil.

Ilustrasi Map

Ilustrasi Map

Tidak ada suatu apapun yang membuktikan bahwa pertemuan dua aliran air yang berlawanan arah dan dengan suhu yang berbeda dapat menghasilkan gelombang magnetis didalam bumi.
Selain itu, teori Sanderson juga tidak menginprestasikan cara kerja “Kuburan Setan” yang terletak didaratan.Yakni,dua dikutub utara dan kutub selatan, yang ketiga disebelah utara Gurun Besar Afrika, dan yang keempat di pegunungan barat-daya India.
Lebih jauh lagi,teori tersebut gagal menjawab pertanyaan,mengapa kapal-kapal yang menjadi korban ditempat-tempat seperti itu ditinggalkan penumpangnya begitu saja, dan kemana pula mereka pergi? Lalu, peristiwa apa pula yang kelihatannya demikian menakutkan mereka,sehingga mereka meninggalkan kapalnya?

Ditulis dalam InfoQ. Tag: , , , , , . 13 Comments »

13 Tanggapan to “Laut Setan (Devil Sea)”

  1. Wahyu Eko Says:

    Wah Di Jepang ada laut berbaya ya? Sama seperti Bermuda Triangle ya? Apabila pesawat melewati laut tersebut lenyap tidak? Oke,Terima kasih atas infonya. Saya jadi tambah wawasan nih..

    kalau yang seperti itu saya kurang mengerti bro.. tapi yang jelas seperti itu, tapi mungkin kalau di laut jepang tidak memancarkan gelombang yang membahayakan pesawat…

  2. Wahyu D Arsh Says:

    Di Indonesia ada segitiga Timor, cuma kurang ke expose

  3. capedegirl Says:

    Wah telmi! Agama gw udh dari dulu bilang tempat bertemunya dua suhu (panas&dingin) itu tempat favoritnya jin! Ya iyalah disana bahaya, la wong istananya jin gede banget! Mkanya ortu sering bilang jgn bediri/duduk di pintu!(Selain ngalangin, jin jg suka tempat yg diantara-antara gt deh!)

  4. luthfy Says:

    Gua mau coba ke situ lah ………

  5. Mr.XXX Says:

    kalo ongkos kesana tuh berapa yah?gue pengen nyoba

  6. ais Says:

    ada kinochi g ya……

  7. faisa Says:

    seremmmmmm……………….

  8. farrel Says:

    lautan adalah duniah bawah bumi yg mungkin” ada kehidupan seperti d daratan” qt az gk tau klo d dlm laut ada sungai seperti d daratan khan,,,, makanya kum fayakum walyaddin sama waallahhualam…. hanya allah swt yg tau.

  9. Fiedaz_sweet Says:

    wah ternyta banyak ilmu itu menarik

  10. shanty dewi Says:

    luar biasa….
    begitu bnyk misteri didunia ini…

  11. bzzt;-' Says:

    kok bisa serem gitu yah ..?? ada legenda2 tambahan ga buat lokasi itu ..?? trus ,, emang di kutub utara ama selatan kenapa ..?? bukannya daerah2 itu cukup tenang ya ..??

  12. zafira Says:

    it is good Job men…………………………………..

  13. Henz Kurnia Says:

    Dari map itu berarti segitiga maut itu ada di banyak tempat ya….hm…thx infonya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s