Hal – Hal Yang Mempengaruhi Tidur Anda

1. Kondisi Kesehatan
Jika Anda tidak dapat memejamkan mata hampir setiap malam, kemungkinan Anda mengalami insomnia sangat besar. Menurut sebuah laporan penelitian dari Universitas Oklahoma menyebutkan, 75 hingga 80 persen orang yang mengalami masalah susah tidur akut berhubungan dengan kondisi kesehatannya. Selebihnya bisa disebabkan karena gangguan arthritis, alergi, dan kondisi eksternal tubuh, seperti ruangan atau pakaian yang panas.

Keadaan Kurang sehat (Sakit)

Keadaan Kurang sehat (Sakit)

Bahkan gangguan tidur juga dapat menyebabkan Anda mengalami apnea, yaitu suatu kondisi yang membuat pernafasan Anda terhenti selama kurang lebih 30 detik. Konsumsi obat yang beraneka ragam juga dapat menyebabkan Anda mengalami gangguan tidur.

2. Terlalu Berisik dan Terang
Suara yang terlalu keras jelas mengganggu konsentrasi Anda untuk beristirahat. Namun tidak menutup kemungkinan alunan nada yang lembut juga dapat membantu proses istirahat Anda lebih mudah dan sehat.

Berisik

Berisik

Selain itu cahaya yang tidak terlalu terang juga dapat membuat proses istirahat Anda menjadi lebih sempurna. Joyce A Walsleben PhD mengatakan, kondisi yang relatif tenang dan tidak terlalu terang akan memengaruhi cepat gerak mata. Selain itu, tubuh Anda juga akan memproduksi melatonin, sebuah hormon yang akan membantu Anda bermimpi.

3. Kafein
Tentu semua tahu bahwa kafein dapat membuat Anda terjaga. Kafein memang masih menjadi obat paling mujarab bagi orang yang gila kerja. Walsleben mengingatkan Anda untuk tidak mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein selepas tengah hari.

Kopi, mengandung kafein

Kopi, mengandung kafein

4. Alkohol dan Rokok

Jika Anda ingin beristirahat dengan sehat harus menjauhkan kebiasaan minum alkohol dan merokok, terutama saat malam hari. Mungkin beberapa peminum lebih terlihat lelap saat tidur, namun konsumsi alkohol yang berlebihan tetap akan membuat tidur Anda tidak sehat karena akan membuat tidur Anda lebih panjang.

Alkohol, racun bagi tubuh

Alkohol, racun bagi tubuh

Perlu juga diketahui bahwa kebiasan menghisap rokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan, karena pengaruh rangsangan nikotin yang akan membuat Anda selalu terjaga.

5. Kondisi Lingkungan yang Buruk

Anda membutuhkan tempat yang kondusif untuk membuat tidur Anda sehat dan nyaman. Jauhkan hal-hal yang dapat membuat konsentrasi Anda terpecah. Jangan biasakan Anda menonton televisi atau membaca Koran, karena hal itu akan memacu pikiran dan otak Anda. Selain itu, temperatur kamar tidur Anda harus ideal (idealnya adalah 69 derajat), dan gunakan busana yang lembut.

Lingkungan yang kumuh

Lingkungan yang kumuh

6. Gen Anda
Terkadang faktor gen dari ayah atau ibu Anda juga membuat Anda mengalami gangguan tidur. Walsleben mengatakan, faktor predispotition gen juga dapat membuat seseorang mengalami gangguan tidur. Salah satu penyakit gangguan tidur yang disebabkan karena gangguan gen adalah narcolepsy, kondisi yang dapat menyebabkan Anda mudah dan lama saat tidur karena adanya sebuah komponen gen.

Faktor Genetik

Faktor Genetik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s