Kroptofacetomi : Kesamaan Wajah orang satu dengan yang lainnya!

Hari ini sudah gw putuskan untuk menyudahi penelitian yang awalnya memang tidak diniatin sih, hehe… tapi karena selalu berulang-ulang dan terus terjadi.. mulai dari gw masuk sekolah menengah atas, gw udah ketemu banyak orang.. dan orang2 yang ketemu gw [sebagaian besar orang yang baru gw kenal dan menjadi teman baik, ada juga yang ketemu diangkot..] itu bilang gini, “mas kamu mirip sama tetanggaku loh, namanya xxx.. sodaranya bukan?” gw jawab “bukan” karena emang gw gak kenal tuh orang… trus ada lagi waktu gw naek angkot, ketemu sama ibu2, gak tau kenapa ibu2 itu ngajak ngbrol… tanya2 dari mana, mau kemana, ya cuma sekedar basa basi aja. pada akhirnya juga bilang “dik, kamu kok mirip sama si xxx, emangnya orang mana..? dari daerah xxx bukan?” gw jawab.. “bukan bu”

dan masih banyak lagi kisah yang gak mungkin gw ceritain semuanya, karena semuanya punya inti yang sama, gw udah belasan kali ditanya begitu sama orang, “kok mirip ini, kamu kok mirip sama..” begitu terus setiap ada kesempatan bertemu orang baru…

semua itu juga tidak menutup kemungkinan untuk berjuta orang diluar sana disebut mirip orang ini mirip orang itu.. trus bagaimana dengan gw melihat orang2 disekitar gw yang baru ditemui? YA… memang ada kesamaan, banyak diantaranya facefriendly, yang artinya wajah-wajah orang yang baru saya temui memang tidak asing lagi buat gw, cuma memang tidak pernah bertemu sebelumnya. setiap bertemu orang baru yang saya rasa “mirip” orang lain pasti saya berkata dalam hati, “ini siapa sih, kok kayaknya pernah bertemu..?”

sampai akhirnya gw menyimpulkan, bahwa didunia ini banyak sekali kemiripan wajah orang satu dengan yang lainnya, tapi gw cari2 artikelnya digoogle gak ketemu, daripada gak ada namanya. maka saya menyebutnya kroptofacetomi! yaitu kemiripan wajah antara orang satu dengan yang lainnya. untuk penyebab kesamaan wajah mungkin karena adanya kesamaan gen yang dihasilkan oleh orang tua masing2, atau mungkin orang yang memiliki wajah yang sama tersebut sama2 memiliki nenek moyang yang sama.

makasih teman2 dah mampir blog aku yang jelek ini, moga berkenan ya ma tulisan ini🙂

4 Tanggapan to “Kroptofacetomi : Kesamaan Wajah orang satu dengan yang lainnya!”

  1. Aprian W. Says:

    Pit jangan ngada2 degh,,,
    Kroptofacetomi kan bahasa lo ndiri yah???

    Fenomena kesamaan wajah ini disebut Face Resemblance,

    Resemblance = similarity (Kesamaan, liat ja similarity di Wikipedia ntar ada link tentang Remblance yang sama sekali ga da penjelasannya,, tapi nama Kroptofacetomi juga keren cuman agak susah ngucapinnya,, dibanding Resemblance,, wkwkwkwkwkwk

    ahh…. aprian cuma ngrusak tulisanku, ini kan original writer dari gw.. nilainya lebih kalau di search engine.. hehe. lagian ini pemikiran gw sendiri, moga bermanfaat bagi yang baca ya🙂

  2. Sandy Says:

    Yah, begitulah resiko kalo punya wajah pasaran.
    Gak papah sih. Ada baeknya… ada juga sebelnya.
    Baeknya, ada beberapa orang, tiba-tiba jadi terkenal lantaran mirip seorang artis atau tokoh tertentu.
    Mirip Obama, mirip Gus Dur, Mirip Benyamin dan mirip-mirip laennya.
    Gak enaknya, kalo wajahnya mirip penjahat, mirip setan, atau mirip koruptor.

    Seperti kejadian beberapa tahun lalu. Seorang laki-laki yang mengalami musibah kecelakaan, saat dibawa ke rumah sakit, malah berurusan dengan polisi lantaran wajah dan namanya mirip Eddi Tansil ( koruptor kelas kakap ).

    Kembali ke Kriptofacetomi….
    Istilah yang digunakan, cukup menarik…. dan…. agak berbau ilmiah juga.
    Tapi…, koq mirip nama planetnya Superman ya?
    Kalo boleh usul ( tapi jangan asal ), bagaimana kalo dinamakan : WAJAPASARANOLOGY.

  3. TOM Says:

    W suka crita lw,,,dn crita lw tuh hmpir sma ky w,,,w pun bgth,,,,,w ja smpe s blang muka pasaran,,,,kbanyakan orang blang mirip” trus,,,ape deh w,,,,,hahahahaaaaa

    hehehe, iya… ganteng kali gw om… haha..

  4. andik faishol Says:

    mungkin emang dunia ini udah sempit dan saling orang-orang saling berdesakan .. jadinya yach terjadi sepintas kemiripan seperti sejenis kemiripan sesaat .. atau sepintas lalu (hasrat jiwa yg sesaat singgah) untuk kemudian keaslian wajah itu kembali pada asalnya …. trims
    (gue ini juga sempaqt tertegung oleh kemeripan wajah.. eh pada satu ketika coba ..menteleng rupanya emang bener-bener seperti sepintas lalu melekat kemudian wajah aslinya yang hadir)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s