Kroptofacetomi : Kesamaan Wajah orang satu dengan yang lainnya!

Hari ini sudah gw putuskan untuk menyudahi penelitian yang awalnya memang tidak diniatin sih, hehe… tapi karena selalu berulang-ulang dan terus terjadi.. mulai dari gw masuk sekolah menengah atas, gw udah ketemu banyak orang.. dan orang2 yang ketemu gw [sebagaian besar orang yang baru gw kenal dan menjadi teman baik, ada juga yang ketemu diangkot..] itu bilang gini, “mas kamu mirip sama tetanggaku loh, namanya xxx.. sodaranya bukan?” gw jawab “bukan” karena emang gw gak kenal tuh orang… trus ada lagi waktu gw naek angkot, ketemu sama ibu2, gak tau kenapa ibu2 itu ngajak ngbrol… tanya2 dari mana, mau kemana, ya cuma sekedar basa basi aja. pada akhirnya juga bilang “dik, kamu kok mirip sama si xxx, emangnya orang mana..? dari daerah xxx bukan?” gw jawab.. “bukan bu”

dan masih banyak lagi kisah yang gak mungkin gw ceritain semuanya, karena semuanya punya inti yang sama, gw udah belasan kali ditanya begitu sama orang, “kok mirip ini, kamu kok mirip sama..” begitu terus setiap ada kesempatan bertemu orang baru…

semua itu juga tidak menutup kemungkinan untuk berjuta orang diluar sana disebut mirip orang ini mirip orang itu.. trus bagaimana dengan gw melihat orang2 disekitar gw yang baru ditemui? YA… memang ada kesamaan, banyak diantaranya facefriendly, yang artinya wajah-wajah orang yang baru saya temui memang tidak asing lagi buat gw, cuma memang tidak pernah bertemu sebelumnya. setiap bertemu orang baru yang saya rasa “mirip” orang lain pasti saya berkata dalam hati, “ini siapa sih, kok kayaknya pernah bertemu..?”

sampai akhirnya gw menyimpulkan, bahwa didunia ini banyak sekali kemiripan wajah orang satu dengan yang lainnya, tapi gw cari2 artikelnya digoogle gak ketemu, daripada gak ada namanya. maka saya menyebutnya kroptofacetomi! yaitu kemiripan wajah antara orang satu dengan yang lainnya. untuk penyebab kesamaan wajah mungkin karena adanya kesamaan gen yang dihasilkan oleh orang tua masing2, atau mungkin orang yang memiliki wajah yang sama tersebut sama2 memiliki nenek moyang yang sama.

makasih teman2 dah mampir blog aku yang jelek ini, moga berkenan ya ma tulisan ini 🙂

Iklan